Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas. Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG ) 1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan 2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap. 3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG" 4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu 5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer. 6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga. 7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut. 8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya. 9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Regist
Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas.
Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG )
1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan
2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap.
3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG"
4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu
5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer.
6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga.
7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut.
8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya.
9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Registration Card ) untuk diisi dan ditanda tangani.
10. Meminta kartu identitas dan mencocokan di RC serta minta no telepon yang bisa dihubungi
11. Tanyakan jenis pembayaran
Contoh pembayaran : a. Cerdit Card
b. Tunai/Cash
c. Voucher
d. Guarantee Letter
e. Voucher Complimentary
12. Membuatkan Guest card yang berisi meal coupon, welcome drink coupon sesuai tanggal, nomor kamar, nama tamu dan jumlah tamu.
13. Guest card, meal coupun, welcome drink coupon diberikan kepada tamu sambil dijelakan fungsi dari tiap-tiap coupon tersebut.
14. Menjelaskan kepada tamu :
a. Harga kamar
b. Waktu Check out
c. Waktu, tempat breakfast dan welcome drink
d. Menyimpan barang di safety deposit box
15. Memberikan kunci kamar kepada bellboy dan meminta bellboy untuk mengantar tamu dengan menyebutkan nama tamu
16. Mengucapkan terimakasih kepada dan selamat berustirahat kepada tamu.
2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap.
3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG"
4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu
5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer.
6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga.
7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut.
8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya.
9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Registration Card ) untuk diisi dan ditanda tangani.
10. Meminta kartu identitas dan mencocokan di RC serta minta no telepon yang bisa dihubungi
11. Tanyakan jenis pembayaran
Contoh pembayaran : a. Cerdit Card
b. Tunai/Cash
c. Voucher
d. Guarantee Letter
e. Voucher Complimentary
12. Membuatkan Guest card yang berisi meal coupon, welcome drink coupon sesuai tanggal, nomor kamar, nama tamu dan jumlah tamu.
13. Guest card, meal coupun, welcome drink coupon diberikan kepada tamu sambil dijelakan fungsi dari tiap-tiap coupon tersebut.
14. Menjelaskan kepada tamu :
a. Harga kamar
b. Waktu Check out
c. Waktu, tempat breakfast dan welcome drink
d. Menyimpan barang di safety deposit box
15. Memberikan kunci kamar kepada bellboy dan meminta bellboy untuk mengantar tamu dengan menyebutkan nama tamu
16. Mengucapkan terimakasih kepada dan selamat berustirahat kepada tamu.
Comments
Post a Comment