Skip to main content

Proses Check-in tamu hotel Walk in guest (WIG)

Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas. Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG ) 1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan 2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap. 3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG" 4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu 5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer. 6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga. 7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut. 8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya. 9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Regist

Jenis Harga Kamar dan contoh Klasifikasi Reservation





Sebelumnya saya ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT  dengan segala rahmat nya saya dapat menulis artikel yang singkat ini dan saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman semua yang sudah berkunjung diblog saya,dan saya mohon dukungan agar blog saya dapat maju dan memberikan konten yang bermanfaat kepada teman-teman semua.

Kali ini saya akan membahas tentang Jenis-jenis Harga Kamar dalam Perhotelan dan tentang Klasifikasi Reservation
Langsung saja saya jelaskan

Jenis harga kamar dibagi menjadi dua bagian
1.       Normal Rate/ Rack Rate/Published Rate atau yang biasa disebut harga umum , yg dimaksud harga umum adalah harga yang ditetapkan oleh pihak hotel yang ditujukan kepada seluruh masyarakat.
2.       Special Rate, spesial rate dibagi menjadi 14 macam ,yang dimaksud special rate adalah disebut juga harga khusus .
a.       Weekend rate adalah harga kamar yang dikhususkan untuk hari-hari akhir pekan (jum’at,sabtu,minggu,dan hari libur nasional).
b.      Weekday rate adalah harga kamar yang diperuntukan hari-hari biasa atau hari kerja yaitu hari senin sampai kamis.
c.       Package rate adalah harga yang diberlakukan yang sesuai dengan aktivitas dan fasilitas yang ditentukan contohnya seperti honeymoon package ,wedding package dan dll.
d.      Corporate rate adalah harga yang diberlakukan untuk perusahaan/perorangan yang sudah ada atau disebut juga contract rate.
e.      Goverment rate adalah harga untuk tamu yang berasal dari isntansi pemerintahan.
f.        Membership rate adalah harga untuk tamu yang sudah bergabung menjadi anggota (ID Member).
g.       Travel Agent rate adalah harga untuk tamu yang berasal dari biro perjalan wisata dengan catatan sudah ada contract.
h.      Group rate adalah harga untuk tamu khusus yang akan menginap secara rombongan
i.         Long Stay Guest rate adalah harga untuk tamu yang menginapnya dalam jangka yang waktunya panjang minimal 12 malam.
j.        Day Use rate adalah harga untuk tamu yang menginapnya kurang dari 1 malam.
k.       Complimentary rate adalah hotel tidak memberlakukan harga kamar seperti kamar untuk owner atau perintah dari GM.
l.         Family plan rate adalah harga yang ditetapkan untuk tamu keluarga.
m.    Airplane rate adalah harga yang ditetapkan khusus untuk tamu yang berasal dari maskapai penerbangan.
n.      Internet rate adalah harga yang diberlakukan untuk tamu yang memesan dengan internet / website / email.

Klasifikasi resevation dibagi menjadi 4 resevasi yaitu
1.       Individual reservation adalah pemesanan kamar untuk calon tamu perseorangan bukan rombongan.
2.       Group reservation adalah pemesanan kamar untuk calon tamu rombongan.
3.       Corporate / Conference resevation adalah pemesanan kamar untuk tamu rombongan yang akan melakukan seminar/rapat/meeting.
4.       Travel reservation adalah pemesanan kamar untuk tamu yang melalui travel.

Sekian dan Terimakasih atas perhatian teman-teman yang sudah mengunjungi dan membaca blog ini semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua.


Comments

Popular posts from this blog

Proses Check-in tamu hotel Walk in guest (WIG)

Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas. Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG ) 1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan 2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap. 3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG" 4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu 5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer. 6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga. 7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut. 8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya. 9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Regist

Proses Check in tamu Reservasi di Hotel

Well pada kali ini saya akan membahas proses check in tamu Reservasi di hotel. Langsung saja saya mulai cara menangani proses check in tamu reservasi : 1. Sambut tamu dengan ramah, sopan, kemudian beri salam dan tawarkan bantuan. 2. Apabila tamu menyatakan telah membuat reservasi dan akan check in, tanyakan nama tamu dengan sopan. 3. Cari di daftar Expected Arrival Guest List, tandai EA bahwa tamu tersebut telah check in dengan distabilo atau diberi tanda ( v ) 4. Konfirmasi lagi kepada tamu tentang data reservasi : jenis dan jumlah kamar, harga (kecuali jika tamu travel tidak boleh di info), pembayaran, lama tinggal atau tanggal check out, serta keterangan lain atau special request. 5. Ambil kunci kamar pada key rack sesuai dengan blocking yang telah dibuat 6. Berikan R egistration Card untuk diisi dengan lengkap atau minta kartu identitas tamu, isikan data tamu pada Registration Card kemudian minta tamu untuk menandatangani 7. Periksa kembali kelengkapan data dan cocokkan deng