Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas. Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG ) 1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan 2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap. 3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG" 4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu 5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer. 6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga. 7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut. 8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya. 9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Regist
Sebelumnya saya
ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT
dengan segala rahmat nya saya dapat menulis artikel yang singkat ini dan
saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman semua yang sudah berkunjung
diblog saya,dan saya mohon dukungan agar blog saya dapat maju dan memberikan
konten yang bermanfaat kepada teman-teman semua.
Kali ini saya
akan membahas tentang Jenis-jenis Harga Kamar dalam Perhotelan dan tentang Klasifikasi
Reservation
Langsung saja
saya jelaskan
Jenis harga
kamar dibagi menjadi dua bagian
1.
Normal Rate/ Rack Rate/Published Rate atau yang
biasa disebut harga umum , yg dimaksud harga umum adalah harga yang ditetapkan
oleh pihak hotel yang ditujukan kepada seluruh masyarakat.
2.
Special Rate, spesial rate dibagi menjadi 14
macam ,yang dimaksud special rate adalah disebut juga harga khusus .
a.
Weekend rate adalah harga kamar yang dikhususkan
untuk hari-hari akhir pekan (jum’at,sabtu,minggu,dan hari libur nasional).
b.
Weekday rate adalah harga kamar yang
diperuntukan hari-hari biasa atau hari kerja yaitu hari senin sampai kamis.
c.
Package rate adalah harga yang diberlakukan yang
sesuai dengan aktivitas dan fasilitas yang ditentukan contohnya seperti honeymoon
package ,wedding package dan dll.
d.
Corporate rate adalah harga yang diberlakukan
untuk perusahaan/perorangan yang sudah ada atau disebut juga contract rate.
e.
Goverment rate adalah harga untuk tamu yang
berasal dari isntansi pemerintahan.
f.
Membership rate adalah harga untuk tamu yang
sudah bergabung menjadi anggota (ID Member).
g.
Travel Agent rate adalah harga untuk tamu yang
berasal dari biro perjalan wisata dengan catatan sudah ada contract.
h.
Group rate adalah harga untuk tamu khusus yang
akan menginap secara rombongan
i.
Long Stay Guest rate adalah harga untuk tamu
yang menginapnya dalam jangka yang waktunya panjang minimal 12 malam.
j.
Day Use rate adalah harga untuk tamu yang
menginapnya kurang dari 1 malam.
k.
Complimentary rate adalah hotel tidak
memberlakukan harga kamar seperti kamar untuk owner atau perintah dari GM.
l.
Family plan rate adalah harga yang ditetapkan
untuk tamu keluarga.
m.
Airplane rate adalah harga yang ditetapkan
khusus untuk tamu yang berasal dari maskapai penerbangan.
n.
Internet rate adalah harga yang diberlakukan
untuk tamu yang memesan dengan internet / website / email.
Klasifikasi
resevation dibagi menjadi 4 resevasi yaitu
1.
Individual reservation adalah pemesanan kamar
untuk calon tamu perseorangan bukan rombongan.
2.
Group reservation adalah pemesanan kamar untuk
calon tamu rombongan.
3.
Corporate / Conference resevation adalah
pemesanan kamar untuk tamu rombongan yang akan melakukan seminar/rapat/meeting.
4.
Travel reservation adalah pemesanan kamar untuk
tamu yang melalui travel.
Sekian dan Terimakasih
atas perhatian teman-teman yang sudah mengunjungi dan membaca blog ini semoga
artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua.
Comments
Post a Comment