Well pada kali ini saya akan membahas proses check in tamu Reservasi di hotel. Langsung saja saya mulai cara menangani proses check in tamu reservasi :
1. Sambut tamu dengan ramah, sopan, kemudian beri salam dan tawarkan bantuan.
2. Apabila tamu menyatakan telah membuat reservasi dan akan check in, tanyakan nama tamu dengan sopan.
3. Cari di daftar Expected Arrival Guest List, tandai EA bahwa tamu tersebut telah check in dengan distabilo atau diberi tanda ( v )
4. Konfirmasi lagi kepada tamu tentang data reservasi : jenis dan jumlah kamar, harga (kecuali jika tamu travel tidak boleh di info), pembayaran, lama tinggal atau tanggal check out, serta keterangan lain atau special request.
5. Ambil kunci kamar pada key rack sesuai dengan blocking yang telah dibuat
6. Berikan Registration Card untuk diisi dengan lengkap atau minta kartu identitas tamu, isikan data tamu pada Registration Card kemudian minta tamu untuk menandatangani
7. Periksa kembali kelengkapan data dan cocokkan dengan kartu identitas
8. Minta no telpon / handphone yang bisa dihubungi
9. Konfirmasi harga kamar dan pembayaran serta minta pembayaran sesuai SOP pembayaran yang berlaku, sebagai deposit atau jaminan
10. Buatkan Guest Card, jelaskan informasi di guest card tersebut
11. Buatkan meal coupon dan welcome drink coupon dengan isi lengkap, terangkan dengan jelas kepada tamu : Waktu check out & Event yang dapat dinikmati, restaurant dan produk lain
12. Informasikan untuk menyimpan barang berharga di Safe Deposit Box di Front Office Cashier
13. Berikan kunci kamar kepada bell boy, lalu minta bell boy untuk mengantar tamu ke kamar dengan menyebutkan nama tamu tersebut
14. Ucapkan terimakasih dan selamat istirahat kepada tamu.
Comments
Post a Comment