Skip to main content

Proses Check-in tamu hotel Walk in guest (WIG)

Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas. Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG ) 1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan 2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap. 3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG" 4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu 5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer. 6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga. 7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut. 8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya. 9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Regist...

Pengertian Wakeup call dan Percakapan

Sebelumnya saya ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT  dengan segala rahmat nya saya dapat menulis artikel yang singkat ini dan saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman semua yang sudah berkunjung diblog saya,dan saya mohon dukungan agar blog saya dapat maju dan memberikan konten yang bermanfaat kepada teman-teman semua.

Kali ini saya akan membahas tentang percakapan wake up call dengan bahasa inggris.
Sebelumnya saya akan memberi tau apa itu wakeup call , wakeupn call adalah salah satu layanan yang terdapat di sebuah hotel yang bertujuan untuk membangunkan/mengingatkan tamu. Sesuai request, tamu bisa meminta dibangunkan jam berapa ,tapi kebanyakan tamu minta dibangunkan di paagi hari. Petugas wakeup call adalah seorang Front Desk Agent (FDA) atau seorang recepsionis bisa juga seorang Telepon Operator. Lalu langsung saja saya akan membuatkan contoh percapakan tentang wakeupcall


Kring....Kring....Kring....
Reception: Good evening operator andre speaking how i help you?
Guest        : Good evening, please wakeup call me tomorrow at 4a.m
Reception: Allright,please wait a minute , your name and your room number please?
Guest        : My name is Jessica and my room number 331
Reception: Allright madam , i will repeat your request undername madam Jessica and room number 331 wakeup call tomorrow at 4a.m, its right                         madam?
  Guest       : Yes Right .
Reception: Anything else madam ?
Guest       : No Thanks.
Reception: Your welcome madam have a nice day

Itulah contoh percakapan tentang permintaan tamu untuk layanan wwake up call. Saya rasa cukup sampai disini terlebih dahulu artikel kali ini.

Terimakasih atas perhatian teman-teman yang sudah mengunjungi dan membaca blog ini semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Proses Check-in tamu hotel Walk in guest (WIG)

Pada postingan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses dan prosedur check in tamu hotel WALK IN GUEST ( WIG ). Well langsung saja saya akan bahas. Prosedur check in tamu Walk in guest ( WIG ) 1. Tamu disambut dengan ramah dan sopan dengan salam dan tawarkan bantuan 2. Bila tamu menyatakan akan check in dan belum membuat reservasi, tanyakan jenis kamar yang diminta dan berapa lama akan menginap. 3. Check kamar yang diminta di data kamar vacant bagi tamu "WIG" 4. Diusahakan menawarkan/menjual kamar yang mahal terlebih dahulu 5. Menanyakan pernah menginap sebelumnya. Bila sudah pernah guest history dicari di komputer. 6. Konfirmasi data guest history dan memberi tahu kalau terjadi perubahan harga. 7. Bila tamu belum pernah menginap sebelumnya ,ditawarkan harga kamar normal dan dijelaskan fasilitas yang didapat dengan harga tersebut. 8. Boleh memberi potongan harga sesuai kondisi dan kewenangannya. 9. Bila tamu sepakat akan check in, tamu diberi RC ( Regist...

Proses Check in tamu Reservasi di Hotel

Well pada kali ini saya akan membahas proses check in tamu Reservasi di hotel. Langsung saja saya mulai cara menangani proses check in tamu reservasi : 1. Sambut tamu dengan ramah, sopan, kemudian beri salam dan tawarkan bantuan. 2. Apabila tamu menyatakan telah membuat reservasi dan akan check in, tanyakan nama tamu dengan sopan. 3. Cari di daftar Expected Arrival Guest List, tandai EA bahwa tamu tersebut telah check in dengan distabilo atau diberi tanda ( v ) 4. Konfirmasi lagi kepada tamu tentang data reservasi : jenis dan jumlah kamar, harga (kecuali jika tamu travel tidak boleh di info), pembayaran, lama tinggal atau tanggal check out, serta keterangan lain atau special request. 5. Ambil kunci kamar pada key rack sesuai dengan blocking yang telah dibuat 6. Berikan R egistration Card untuk diisi dengan lengkap atau minta kartu identitas tamu, isikan data tamu pada Registration Card kemudian minta tamu untuk menandatangani 7. Periksa kembali kelengkapan data dan cocokkan deng...

Tipe - Tipe Kamar yang ada di Hotel

Kali ini saya memberi tahu teman teman semua tentang tipe tipe kamar yang ada di hotel,, ada banyak tipe sebenarnya dihotel tapi saya akan membahas tipe tipe kamar yang sering digunakan oleh hotel hotel yang ada di indonesia. Well langsung saja saya akan bahas 1. Standart atau Moderate Room Standart atau moderate room adalah kamar yang harganya paling murah disuatu hotel, karena fasilitas yang diberikan merupakan fasilitas standart yang berlaku bagi hotel tersebut. 2. Dulexe room / Superior room / Executive floor Dulexe room / Superior room / Executive floor adalah kamar yang satu tingkat lebih baik dari standart room. Bila hotel sudah lama berdiri dan melakukan renovasi, maka kamar standart bisa direnovasi dan naik tingkat menjadi deluxe room. 3. Suite room atau Ordinary suite Suite room atau Ordinary suite adalah kamar suite dengan fasilitas standart yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu yang terpisah dengan ruang tidur. 4. Deluxe suite atau Executive Suite...